AMAI

  • Asesmen Mutu Internal

Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai unit pengelola penjaminan mutu melaksanakan kegiatan asesmen (review, monitoring dan evaluasi, audit) tahunan terhadap pelaksanaan kegiatan pada masing-masing unit kerja, baik core unit maupun supporting unit.

Beberapa kegiatan asesmen yang dilakukan Badan Penjaminan Mutu adalah :

  1. Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) terhadap Core Unit, dilakukan setahun sekali pada bulan Nopember-Desember
  2. Audit Mutu Non Akademik Internal (AMNAI) terhadap Supporting Unit, dilakukan setahun sekali pada bulan Desember-Januari.
  3. Evaluasi Laporan Kinerja Unit Kerja (Core Unit dan Supporting Unit) Tengah Tahun (Evaluasi LKUK pra RKTT), dilakukan pada bulan Januari dan Evaluasi Laporan Kinerja Unit Kerja (Core Unit dan Supporting Unit) Akhir Tahun (Evaluasi LKUK pra RKT), dilakukan pada bulan Juni.
  4. Monitoring dan Evaluasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Monev KBK) terhadap seluruh Prodi di UMY, dilakukan setahun sekali pada bulan Agustus-September.
  5. Monevin PHK (Program Hibah Kompetisi) terhadap unit penerima hibah, dilakukan setahun dua kali yaitu Monevin Tengah Tahun (Agustus/September) dan Monevin Akhir Tahun (Nopember/Desember).

Laporan hasil asesmen berupa Dokumen Penilaian Pelaksanaan Program di Masing-masing Bidang yang disertai dengan rekomendasi dan permintaan tindakan koreksi sebagai masukan bagi Rektor untuk pengambilan keputusan mengenai kelangsungan pelaksanaan program tersebut untuk tahun-tahun berikutnya.

Tindak lanjut hasil temuan hasil asesmen diharapkan berupa:

  1. Jurusan/Program Studi/unit kerja melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas dengan performance indicator yang mengacu pada standard kualitas yang ditetapkan bersama Badan Penjaminan Mutu.
  2. Tim Asesmen mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di Jurusan/program Studi/unit kerja dengan mengacu pada standar kualitas yang akan dicapai.
  3. Tim Asesmen dapat memberikan saran perbaikan kegiatan jika diperlukan dan memberikan arahan kepada Jurusan/program Studi/unit kerja tentang keberlanjutan kegiatan untuk mencapai tahapan standar kualitas yang lebih tinggi.
  4. Tim Asesmen memberi masukan kepada Badan Penjaminan Mutu tentang hambatan-hambatan yang terjadi selama melaksanakan program.

Hasil asesmen juga dapat menjadi masukan bagi program penilaian kinerja unit kerja yang menjadi bagian dari skema Best Performance Award yang dikelola oleh BPM.

 

  1. Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) terhadap Core Unit, dilakukan setahun sekali pada bulan Nopember-Desember.

Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ialah suatu kegiatan penjaminan mutu dan konsultasi yang bersifat independen dan objektif yang bertujuan agar hasilnya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. AMAI dilakukan untuk melihat apakah pelaksanaan penjaminan mutu di Jurusan-Program Studi telah sesuai dengan yang ditetapkan oleh Jurusan-Program Studi dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lingkup AMAI meliputi butir mutu Bidang Akademik (yaitu: Karir Dosen, Kurikulum, Proses Pembelajaran, Suasana Akademik, Penelitian dan Publikasi, dan Pemberdayaan Masyarakat) serta butir mutu Bidang Organisasi dan Penjaminan Mutu (yaitu: visi, misi, tujuan, dan sasaran pencapaian, tata kelola, sistem penjaminan mutu, sistem informasi, kerjasama antar lembaga di dalam dan di luar negeri). AMAI dilakukan terhadap kegiatan tahun lalu (TS-1) yang telah selesai dijalankan. Dengan diketahuinya gambaran pelaksanaan penjaminan mutu di tahun lalu akan digunakan sebagai dasar penyusunan program tahun berikutnya dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu. AMAI menjadi penting sebagai upaya peningkatan mutu akademik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara berkelanjutan. Output dari kegiatan ini adalah gambaran kesesuaian arah pelaksanaan penjaminan mutu akademik di Jurusan-Program Studi dalam rangka peningkatan mutu akademik berkelanjutan (CQI = Continuous Quality Improvement).

Audit Mutu Akademik Internal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di tingkat Jurusan-Program Studi bertujuan untuk :

  1. Meneliti kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu akademik Program Studi terhadap dokumen akademik dan dokumen mutu Universitas.
  2. Meneliti kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu akademik Program Studi terhadap dokumen akademik dan dokumen mutu Program Studi.
  3. Meneliti kepatuhan/ketaatan penjaminan mutu akademik Program Studi terhadap pelaksanaan Proses Bisnis Akademik, yang meliputi: Karir Dosen, Kurikulum, Proses Pembelajaran, Suasana Akademik, Penelitian dan Publikasi, Pemberdayaan Masyarakat.
  4. Meneliti kepatuhan/ketaatan penjaminan mutu akademik Program Studi terhadap pelaksanaan Proses Bisnis Organisasi dan Penjaminan Mutu, yang meliputi: Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian, Tata Kelola, Sistem Penjaminan Mutu, Sistem Informasi, Kerjasama Dalam dan Luar Negeri.

 

Audit dilakukan melalui 2 tahapan:

  1. Audit Sistem, adalah audit terhadap kecukupan kebijakan dan prosedur organisasi untuk memenuhi persyaratan-persyaratan standar sistem audit mutu. Audit ini dilakukan di kantor (desk evalution). Pada tahap desk evaluation Tim Auditor melakukan evaluasi dan analisis terhadap dokumen yang sudah didapat dari masing-masing Prodi.
  2. Audit Kepatuhan, adalah audit untuk memeriksa atau memastikan apakah setiap prosedur atau Instruksi Kerja (IK) dilaksanakan secara tertib dan benar. Audit ini dilakukan di tempat teraudit (visitasi). Rincian kegiatannya adalah meliputi: opening meeting, melakukan audit, closing meeting

Gambar 3.1. Siklus Audit Mutu Akademik Internal (AMAI)