Analisis Jabatan

 

Lingkup Kerja

 

Bertanggung jawab untuk menyusun dan melaksanakan proses penjaminan mutu yang terukur dan berkelanjutan.

Masa Jabatan

 

4 tahun atau dapat kurang dari 4 tahun berdasarkan evaluasi kinerja jabatan.

 

 

Wewenang

Mengendalikan kegiatan;

  1. Menetapkan pencapaian tujuan jangka pendek untuk
    mengambil keputusan dan strategi bagi unit kerja;
  2. Menandatangani surat dan dokumen sesuai ketentuan;
  3. Menandatangani kontrak kerja sama dengan instansi lain atas persetujuan rektor;
  4. Memberikan penilaian Kinerja bawahan;
  5. Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan.

 

 

Tanggung Jawab

  1. Bertanggung jawab atas peningkatan proses penjaminan mutu yang terukur;
  2. Bertanggung jawab untuk menjamin ketepatan standar mutu kegiatan universitas;
  3. Bertanggung jawab atas kebenaran dan ketepatan: rumusan kebijakan, rumusan sasaran, keserasian dan keterpaduan hubungan kerja, kelengkapan bahan kerja, hasil kerja;.
  4. Bertanggung jawab kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi;
  5. Bertanggungjawab kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas;
  6. Bertanggungjawab kedisiplinan bawahan;.
  7. Bertanggungjawab efisiensi pendayagunaan alat tulis kantor (ATK) dan alat perlengkapan kantor (APK).

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian Jabatan

  1. Merumuskan strategi dan menyusun rencana penjaminan mutu berdasarkan arah kebijakan universitas yang meliputi kebijakan dan standar di  bidang akademik, bidang sumber daya, bidang kemahasiswaan, alumni dan promosi serta bidang organisasi dan penjaminan mutu;
  2. Merumuskan strategi dan menyusun asesmen mutu berdasar arah kebijakan universitas yang meliputi kebijakan dan standar  bidang akademik, bidang sumber daya, bidang kemahasiswaan, alumni dan promosi serta bidang organisasi dan penjaminan mutu;.
  3. Merumuskan strategi dan menyusun informasi mutu yang meliputi kebijakan dan standar  bidang akademik, bidang sumber daya, bidang kemahasiswaan, alumni dan promosi serta bidang organisasi dan penjaminan mutu;
  4. Merencanakan kegiatan dan menyusun rencana anggaran bidang perencanaan mutu, asesmen mutu dan informasi mutu;
  5. Melakukan koordinasi untuk penyusunan evaluasi diri dan portofolio universitas dalam rangka penjaminan mutu internal dan eksternal;
  6. Merumuskan tindakan koreksi untuk memelihara dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan;
  7. Berperan aktif dalam penyusunan serta pelaksanaan arah kebijakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta;
  8. Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu berkelanjutan pada semua unit kerja di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta;
  9. Melaksanakan koordinasi dengan tenaga kependidikan di penjaminan mutu secara periodik;
  10. Mewujudkan tingkat pelayanan yang dapat memuaskan stakeholders;
  11. Merancang prosedur pelaksanaan kegiatan dalam rangka penjaminan mutu yang meliputi perencanaan mutu, asesmen mutu dan informasi mutu;
  12. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan di bidang penjaminan mutu;
  13. Memantau dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan penjaminan mutu yang telah dilakukan;
  14. Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan atau softcopy;
  15. Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah atasan;
  16. Menyusun Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  17. Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan setidaknya selama 1 (satu) bulan setelah terpilihnya Kepala Badan Penjamin Mutu yang baru.

 

Kedudukan dalam OrganisasiHubungan Lini ke atas:
  1. Rektor
  2. Wakil Rektor I
  3. Wakil Rektor II
  4. Wakil Rektor III
Hubungan Koordinasi:
  1. Direktur Program Pasca Sarjana
  2. Dekan Fakultas
  3. Sekretaris Universitas
  4. Kepala Badan
Hubungan Lini ke bawah:
  1. Kepala Bidang Penjaminan Mutu Internal
  2. Kepala Bidang Penjaminan Mutu Eksternal.
  3. Tim Mutu Fakultas
  4. Tenaga Kependidikan di Badan Penajminan Mutu

 

 

 

 

 

 

Persyaratan Pemangku Jabatan

 

Spesifikasi Pengetahuan:
  1. Pendidikan minimal : S-2;
  2. Jabatan fungsional minimal : Lektor;
  3. Memiliki pengetahuan tentang manajemen perguruan tinggi;
  4. Memiliki pengetahuan tentang penjaminan mutu.

Spesifikasi Pengalaman:

  1. Memiliki pengalaman kerja sebagai pimpinan minimal 8 (delapan) tahun;
  2. Memiliki masa kerja minimal 8 (delapan)  tahun.
 

Kompetensi:

  1. Strategic (leadership) competency 30%.
    • Kemampuan menerjemahkan visi ke dalam renstra (rencana strategis), renop (rencana operasional) dan rencana kegiatan dan anggaran (RKA);.
    • Kemampuan membangun image melalui kerjasama;
    • Kemampuan membangun budaya organisasi.
  2. Managerial competency 60%.
    • Kemampuan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap aktivitas penjaminan mutu di universitas;
    • Kemampuan memotivasi, menginspirasi, penetapan prioritas, pengambilan keputusan;
    • Kemampuan melakukan pengelolaan dan pembinaan dosen dan karyawan;.
    • Kemampuan interpersonal yang kuat;
    • Kemampuan komunikasi yang baik;
    • Kerjasama (teamwork);
    • Memiliki dedikasi yang tinggi;
    • Memiliki komitmen yang tinggi;
    • Memiliki loyalitas yang tinggi.
  3. Technical competency 10%.
    • Mampu mengimplementasikan fungsi manajerial.
    • Mampu mengimplementasikan sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.
    • Mampu menyusun laporan pelaksanaan penjaminan mutu di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 
Struktur Organisasi 

 

Lingkup Kerja 

Bertanggung jawab untuk  memonitor, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu internal di seluruh unit.

Masa Jabatan

4 tahun atau dapat kurang dari 4 tahun berdasarkan evaluasi kinerja jabatan.

 Wewenang

  1. Menentukan prioritas pekerjaan;
  2. Memberikan penilaian Kinerja tenaga kependidikan Badan Penjaminan Mutu;
  3. Menandatangani dan memaraf surat dan dokumen sesuai ketentuan;
  4. Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan.

Tanggung jawab

  1. Bertanggung jawab atas kegiatan untuk  memonitor, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu internal di seluruh unit;
  2. Bertanggung jawab untuk menjamin ketepatan standar mutu memonitor, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu internal di seluruh unit;
  3. Bertanggung jawab atas kebenaran dan ketepatan: rumusan kebijaksanaan, rumusan sasaran, keserasian dan keterpaduan hubungan kerja, kelengkapan bahan kerja dan hasil kerja;
  4. Bertanggung jawab kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi;
  5. Bertanggung jawab kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas;
  6. Bertanggung jawab kedisiplinan bawahan;
  7. Bertanggung jawab ketepatan pendayagunaan alat tulis kantor (ATK) dan alat perlengkapan kantor (APK).

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian Jabatan

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Merumuskan strategi dan menyusun rencana monitoring, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu internal di seluruh unit;
  2. Merancang penjaminan mutu internal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasar kan renstra universitas dalam bidang akademik, bidang pengelolaan sumberdaya, bidang kemahasiswaan, alumni, promosi dan kerjasama, bidang organisasi dan penjaminan mutu;
  3. Merencanakan kegiatan dan menyusun rencana anggaran bidang Penjaminan Mutu Internal;
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu internal secara berkelanjutan pada semua unit kerja di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan tenaga kependidikan Badan Penjaminan Mutu secara periodik;
  6. Mewujudkan tingkat pelayanan yang dapat memuaskan stakeholders;
  7. Menyusun Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Intenal (SPMI) yang meliputi Kebijakan SPMI, Manual Mutu SPMI, Standar SPMI, dan Formulir SPMI;
  8. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan  Bidang Penjaminan Mutu Internal;
  9. Menyusun Dokumen Manual Prosedur/Prosedur Mutu/ standart operating procedure (SOP) kegiatan asesmen;
  10. Melakukan asesmen  terhadap kegiatan bidang akademik dan non akademik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta;
  11. Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan atau softcopy;
  12. Membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  13. Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah atasan;
  14. Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan setidaknya selama 1 (satu) bulan setelah terpilihnya Kepala Bidang Penjaminan Mutu Internal yang baru.

 

Kedudukan dalam Organisasi

Hubungan Lini ke atas

:

Kepala Badan Penjaminan Mutu

Hubungan Koordinasi

:

  1. Kepala Bidang
  2. Kepala Biro
  3. Ketua Program Studi

Hubungan Lini  ke bawah

 

:

Tenaga Kependidikan di Badan Penjaminan Mutu

 

 

 

Persyaratan Pemangku Jabatan

 

Spesifikasi Pengetahuan:

  1. Pendidikan minimal : S2;
  2. Jabatan fungsional minimal : Lektor;
  3. Memiliki pengetahuan tentang manajemen perguruan tinggi;
  4. Memiliki pengetahuan tentang penjaminan mutu.

Spesifikasi Pengalaman:

  1. Memiliki pengalaman kerja sebagai pimpinan minimal 8 (delapan) tahun;
  2. Memiliki masa kerja minimal 8 (delapan) tahun.

Kompetensi:

  1. Strategic (Leadership) competency 25%
    • Kemampuan menerjemahkan visi ke dalam renstra (rencana strategis), renop (rencana operasional) dan rencana kegiatan dan anggaran (RKA);
    • Kemampuan membangun image melalui kerjasama;
    • Kemampuan membangun budaya organisasi.
  2. Managerial competency 55%
    • Kemampuan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap aktivitas di bidang penjaminan mutu internal;
    • Kemampuan memotivasi, menginspirasi, penetapan prioritas, pengambilan keputusan;
    • Kemampuan melakukan pengelolaan dan pembinaan karyawan;
    • Kemampuan interpersonal yang kuat;
    • Kemampuan komunikasi yang baik;
    • Kerjasama (teamwork),
    • Memiliki dedikasi yang tinggi.
  3. Technical Competency 20%
    • Melakukan administrasi kegiatan penjaminan mutu internal;
    • Menyusun laporan;
    • Melakukan pelayanan terhadap stakeholders.

Struktur Organisasi

 

 Lingkup Kerja 

Bertanggung jawab untuk  memonitor, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu eksternal di seluruh unit.

Masa Jabatan

4 tahun atau dapat kurang dari 4 tahun berdasarkan evaluasi kinerja jabatan.

Wewenang

  1. Menentukan prioritas pekerjaan;
  2. Memberikan penilaian Kinerja tenaga kependidikan Badan Penjaminan Mutu;
  3. Menandatangani dan memaraf surat dan dokumen sesuai ketentuan;
  4. Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan.

 

 

 

Tanggung jawab

  1. Bertanggung jawab atas kegiatan untuk  memonitor, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu eksternal di seluruh unit;
  2. Bertanggung jawab untuk menjamin ketepatan standar mutu memonitor, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu internal di seluruh unit;
  3. Bertanggung jawab atas kebenaran dan ketepatan: rumusan kebijaksanaan, rumusan sasaran, keserasian dan keterpaduan hubungan kerja, kelengkapan bahan kerja dan hasil kerja;
  4. Bertanggung jawab kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi;
  5. Bertanggung jawab kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas;
  6. Bertanggung jawab kedisiplinan bawahan;
  7. Bertanggung jawab ketepatan pendayagunaan alat tulis kantor (ATK) dan alat perlengkapan kantor (APK).

 

 

 Uraian Jabatan

  1. Merumuskan strategi dan menyusun rencana monitoring, mengevaluasi dan mengaudit pelaksanaan proses penjaminan mutu eksternal di seluruh unit;
  2. Merancang penjaminan mutu eksternal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan renstra universitas dalam bidang akademik, bidang pengelolaan sumberdaya, bidang kemahasiswaan, alumni, promosi dan kerjasama, bidang organisasi dan penjaminan mutu;
  3. Merencanakan kegiatan dan menyusun rencana anggaran bidang Penjaminan Mutu Eksternal;
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu eksternal secara berkelanjutan pada semua unit kerja di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan tenaga kependidikan penjaminan mutu secara periodik;
  6. Menyusun prosedur pelaksanan administrasi kegiatan penjaminan mutu eksternal meliputi pendampingan akreditasi/ reakreditasi, perankingan nasional dan internasional;
  7. Melaksanakan koordinasi dengan Kemenristekdikti dan Dikti PTM;
  8. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan di bidang penjaminan mutu eksternal;
  9. Memberikan dukungan administratif dalam menghimpun usulan hibah kompetisi dari unit kerja, dukungan administrasi dalam proses seleksi, penyusunan proposal dan pelaksanaan di tingkat universitas, serta memberikan layanan teknis perbaikan dan pengusulan hibah kompetisi;
  10. Memantau dan melakukan evaluasi  terhadap kegiatan penjaminan  mutu eksternal yang telah dilakukan;
  11. Mewujudkan tingkat pelayanan yang dapat memuaskan stakeholders;
  12. Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hardcopy dan atau softcopy;
  13. Membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir jabatan pada akhir masa jabatan;
  14. Melaksanakan tugas lain yang relevan atas perintah atasan;
  15. Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan setidaknya selama 1 (satu) bulan setelah terpilihnya Bidang Penjaminan Mutu Eksternal yang baru.

Kedudukan dalam Organisasi

Hubungan Lini ke atas

:

Kepala BPM

Hubungan Koordinasi

:

  1. Kepala Bidang
  2. Kepala Biro
  3. Ketua Program Studi

Hubungan Lini  ke bawah

:

Tenaga Kependidikan

 

 

 

 

Persyaratan Pemangku Jabatan

 

Spesifikasi Pengetahuan:

  1. Pendidikan minimal : S2;
  2. Jabatan fungsional minimal : Lektor;
  3. Memiliki pengetahuan tentang manajemen perguruan tinggi;
  4. Memiliki pengetahuan tentang penjaminan mutu.
  5. Memiliki sertifikat di bidang penjaminan mutu.

Spesifikasi Pengalaman:

  1. Memiliki pengalaman kerja sebagai pimpinan minimal 8 (delapan) tahun;
  2. Memiliki masa kerja minimal 8 (delapan) tahun.

Kompetensi:

  1. Strategic (Leadership) competency 25%
    • Kemampuan menerjemahkan visi ke dalam renstra (rencana strategis), renop (rencana operasional) dan rencana kegiatan dan anggaran (RKA);
    • Kemampuan membangun image melalui kerjasama;
    • Kemampuan membangun budaya organisasi.
  2. Managerial competency 55%
    • Kemampuan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap aktivitas di bidang penjaminan mutu eksternal;
    • Kemampuan memotivasi, menginspirasi, penetapan prioritas, pengambilan keputusan;
    • Kemampuan melakukan pengelolaan dan pembinaan karyawan.;
    • Kemampuan interpersonal yang kuat;
    • Kemampuan komunikasi yang baik;
    • Kerjasama (teamwork);
    • Memiliki dedikasi yang tinggi;
    • Memiliki loyalitas yang tinggi;
    • Memiliki komitmen yang tinggi.
  3. Technical competency 20%.
    • Melakukan administrasi kegiatan penjaminan mutu eksternal;
    • Menyusun laporan;
    • Melakukan pelayanan terhadap stakeholders.

Struktur Organisasi