Dokumen Mutu

  • KEBIJAKAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL

 

Dokumen/Buku Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Dokumen/Buku Sistem Penjaminan Mutu Internal merupakan perangkat yang diperlukan dalam rangka untuk mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal. Dengan adanya Buku/Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal maka penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar Sistem Penjaminan Mutu Internal dapat dipantau. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membuat Dokumen/Buku Sistem Penjaminan Mutu Internal yang meliputi:

  1. Dokumen/Buku Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal.
  2. Dokumen/Buku Manual Sistem Penjaminan Mutu Internal.
  3. Dokumen/Buku Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal.
  4. Dokumen/Buku Formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal.

 

  1. Dokumen/Buku Kebijakan SPMI atau Kebijakan Mutu (Quality Policy)

Dasar penyusunan Dokumen/Buku Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal sebagai panduan dalam menetapkan, melaksanakan, mengendalikan dan mengembangkan mutu di semua proses bisnis di Perguruan Tinggi. Dokumen/Buku Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dirancang dan dilaksanakan untuk menjamin penerapan Sistem Penjaminan Mutu terhadap proses bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dokumen/Buku ini berisi uraian secara garis besar tentang bagaimana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memahami, merancang, dan mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, sehingga terwujud budaya mutu di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dokumen kebijakan SPMI ini bermanfaat untuk:

  1. Menjelaskan kepada stakeholders tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara ringkas, padat, dan utuh.
  2. Menjadi dasar atau “payung” bagi seluruh Standar, Manual, dan Formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Membuktikan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dokumen/Buku Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan template sebagai berikut :

 

Tabel 3.1. Kebijakan SPMI PT

 

1 Halaman Depan/Cover Dokumen Kebijakan SPMI PT

 

Halaman ini berisi informasi tentang:

a.        Judul Dokumen,

b.       Nomor identifikasi atau pengkodean Dokumen Kebijakan SPMI

c.        Tanggal, bulan, dan tahun pemberlakuan, serta nomer edisi (bila ada) Dokumen Kebijakan SPMI

b.       d. Nama dan tanda tangan pejabat yang  menyetujui atau mengesahkan Dokumen Kebijakan SPMI

2 Visi, Misi, dan

Tujuan PT

 

Uraikan pada bagian ini pernyataan visi, misi, dan tujuan dari PT. Hal ini penting sebab SPMI PT dibuat, dilaksanakan, dan ditingkatkan  secara berkelanjutan untuk  mewujudkan visi, misi, dan tujuan PT. Seluruh standar PT dalam SPMI di PT „diturunkan‟ dari visi, misi, dan tujuan PT.
3 Tujuan dari kebijakan SPMI PT

 

Sebutkan tujuan penetapan Kebijakan SPMI PT. Misalnya sebagai “landasan” bagi pelaksanaan SPMI di PT, bukti bahwa PT memiliki SPMI PT, dsbnya.
4 Ruang lingkup Kebijakan SPMI PT

 

Pada bagian ini diuraikan ruang lingkup dari SPMI PT untuk jangka pendek maupun panjang.

Misalnya, SPMI PT untuk tahap awal akan fokus pada aspek akademik, kemudian dalam kurun waktu tertentu akan mencakup pula aspek lain dari penyelenggaraan pendidikan tinggi.

5 Pihak yang wajib menerapkan Kebijakan SPMI PT Pada bagian ini disebutkan pihak atau unit di lingkungan PT yang wajib menerapkan Kebijakan SPMI PT.
6 Daftar dan definisi berbagai istilah berbagai istilah dalam SPMI PT Sebutkan semua istilah yang digunakan dalam SPMI PT dan berikan definisinya
7 Uraian Kebijakan SPMI PT

 

Bagian ini merupakan inti dari isi Kebijakan SPMI PT, sehingga harus cukup rinci, jelas, dan utuh, anta lain :

a.        Tujuan dan Strategi SPMI PT

b.       Azas atau Prinsip SPMI PT

c.        Manajemen SPMI PT, yaitu menggunakan siklus PPEPP

d.       Unit atau pejabat penanggungjawab implementasi SPMI PT pada semua aras dalam PT.

Bila dibutukan dapat disertai dengan diagram, gambar, skema, ilustrasi, atau yang sejenis.

8 Daftar Standar PT yang digunakan dalam SPMI PT Jumlah dan nama standar dalam SPMI PT (hanya disebutkan nama standar tanpa isi standar)
9 Referensi

 

Peraturan perundang-undangan, dokumen lain yang berkait dengan, atau yang disebut dalam Kebijakan SPMI PT.
11 Verifikasi/Pemeriksaan

Mutu

 

 

Bagian ini dimaksudkan sebagai ruang yang akan memberi keterangan bahwa dokumen kebijakan itu telah melalui proses pemeriksaan, pengeditan, pengujian atau verifikasi dan dinyatakan lolos sehingga dapat diterapkan.

 

  1. Dokumen/Buku Manual SPMI atau Manual Mutu (Quality Manual)

Dokumen/Buku Manual SPMI adalah dokumen yang berisi petunjuk mengenai cara, langkah, atau prosedur tentang penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan, dan peningkatan setiap Standar Dikti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta oleh para pihak pada semua aras di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dokumen/Buku Manual SPMI bermanfaat sebagai:

  1. Pemandu bagi para pejabat structural dan atau Badan Penjaminan Mutu, Dosen, serta Tenaga Kependidikan dalam mengimplementasikan SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing sehingga terwujud budaya mutu.
  2. Petunjuk tentang bagaimana Standar Dikti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dapat dipenuhi dan ditingkatkan secara berkelanjutan.
  3. Bukti tertulis bahwa SPMI di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah siap diimplementasikan.

BPM juga membuat Prosedur Mutu atau SOP (Standart Operation Procedure) untuk semua kegiatan sesuai dengan Program Kerja yang dilaksanakan oleh BPM. Dalam hal Dokumen/Buku Manual Mutu disatukan dengan Dokumen/Buku Prosedur Mutu (Quality Procedure), berarti dokumen tersebut berisi uraian tentang cara Kebijakan SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta hendak diimplementasikan.

Templete Dokumen/Buku Manual SPMI (Prosedure) SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebagai berikut:

Tabel 3.2. Templete Manual SPMI (Prosedur)

1 Halaman Depan/Cover

 

Halaman depan Manual SPMI PT atau Prosedur berisi informasi tentang:

a.    Judul/nama Manual SPMI PT atau Prosedur,

b.    Nomor identifikasi atau Pengkodean,

c.    Tanggal penerbitan/pembuatan/ pember-lakuan termasuk revisi bila ada,

d.   Nama unit dimana Manual SPMI PT atau Prosedur diterapkan,

e.    Nama dan tanda tangan pejabat yang menulis Manual SPMI PT atau Prosedur itu dan yang menyetujui atau mengesahkannya.

2 Daftar Isi

 

Daftar Isi Manual SPMI PT atau Prosedur tidak wajib harus ada, namun bila Prosedur tersebut cukup panjang dan rumit, disarankan dibuat daftar isi untuk membantu pemakai Manual SPMI PT atau Prosedur agar cepat menemukan bagian tertentu yang dibutuhkan. Daftar Isi juga akan bermanfaat bila terjadi revisi atas sebagian dari isi Manual SPMI PT atau Prosedur, sebab bagian yang mengalami revisi cukup ditandai pada Daftar Isi tersebut.
3 Definisi Istilah

 

Sebut dan jelaskan definisi dari istilah teknis, singkatan, atau simbol tertentu yang dipakai dalam penulisan Manual SPMI PT atau Prosedur.
4 Tujuan Manual SPMI PT atau Prosedur

 

Uraikan tujuan dari Manual SPMI PT atau Prosedur yang harus dijelaskan/digambarkan dalam Manual SPMI PT atau Prosedur tersebut.
5 Luas Lingkup Manual SPMI PT atau Prosedur

dan Penggunaannya

 

Uraikan batasan, persyaratan, atau kondisi tertentu yang harus diperhatikan dalam melaksanakan kegiatan sebagaimana dijelaskan dalam Manual SPMI PT atau Prosedur tersebut. Tuliskan pula kapan prosedur dalam Manual SPMI PT atau Prosedur tersebut harus diikuti, dan ruang lingkup berlakunya.
6 Manual SPMI PT atau Prosedur

 

Bagian ini adalah inti dari Manual SPMI PT atau Prosedur yang harus menguraikan Manual SPMI PT atau Prosedur yang dimaksud, sehingga akan membutuhkan ruang penulisan yang cukup panjang. Pada bagian ini dapat dicantumkan diagram, bagan alur, skema, diagram, ilustrasi, gambar atau hal sejenis untuk memperjelas Manual SPMI PT atau Prosedur.
7 Kualifikasi Pejabat/

Petugas yang

menjalankan Manual SPMI PT atau Prosedur

 

Cantumkan persyaratan kualifikasi akademik atau kompetensi minimal yang harus dimiliki / dikuasai oleh pejabat atau petugas yang akan melaksanakan Manual SPMI PT atau Prosedur tersebut. Termasuk misalnya ijasah, sertifikasi keahlian tertentu, kepangkatan akademik, dsbnya.

Persyaratan ini penting untuk menjamin bahwa tugas atau kegiatan tertentu yang telah dibuatkan prosedur kerjanya dalam Manual SPMI PT atau Prosedur akan efektif dan berhasil.

8 Peringatan tentang

Kesehatan dan

Keselamatan Kerja

 

Bagian ini hanya ada untuk Manual SPMI PT atau Prosedur yang bersifat teknis. Tuliskan berbagai hal yang berkait dengan persoalan kesehatan dan keselamatan kerja sehubungan dengan prosedur dalam Manual SPMI PT atau Prosedur. Misal, informasi bahwa apabila hal-hal tertentu dalam Prosedur tidak diikuti dapat menimbulkan bahaya atau gangguan yang berakibat pada kecelakaan atau kerugian bagi pihak yang melakukan Manual SPMI PT atau Prosedur dan/atau pihak lain.
9 Peringatan Untuk

Waspada

 

Bagian ini juga hanya lazim ditemukan pada Manual SPMI PT atau Prosedur yang bersifat teknis. Dapat dituliskan pada bagian ini peringatan agar pihak yang menerapkan Manual SPMI PT atau Prosedur berhati-hati karena beberapa bagian dalam prosedur tersebut mungkin akan dapat mengakibatkan kerusakan atau sejenisnya.
10 Peralatan,

Perlengkapan, dan

Bahan

 

Bagian ini juga hanya terdapat dalam Manual SPMI PT atau Prosedur yang bersifat teknis, karena berisi daftar berbagai bahan baku, peralatan, dan perlengkapan tertentu yang menjadi syarat untuk menjalankan prosedur kerja sebagaimana dipaparkan dalam Manual SPMI PT atau Prosedur itu.
11 Catatan

 

Bagian ini berfungsi semacam ruang tempat penulis Manual SPMI PT atau Prosedur memberi beberapa informasi, tips, atau petunjuk tertentu yang mungkin dapat membantu pelaksana Manual SPMI PT atau Prosedur dalam menjalankan tugasnya.

Misal: informasi tentang formulir/borang yang dibutuhkan, checklist untuk keperluan pengecekan, dsbnya.

12 Referensi

 

Tuliskan, antara lain, keterkaitan Manual SPMI PT atau Prosedur tersebut dengan Manual SPMI PT atau Prosedur lain atau dengan Standar Dikti lain dalam SPMI PT. Dapat ditambahkan pula informasi tentang bahan pustaka yang dapat dipakai sebagai rujukan bagi pelaksana Manual SPMI PT atau Prosedur.

 

 

  1. Dokumen/Buku Standar SPMI atau Standar Mutu (Quality Standard)

Dokumen/Buku Standar SPMI adalah okumen berisi berbagai kriteria, ukuran, patokan, atau spesifikasi yang disebut Standar Dikti dari setiap aspek pendidikan tinggi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk mewujudkan visi dan misinya.

Standar dibutuhkan oleh Universias Muhammadiyah Yogyakarta sebagai acuan dasar dalam rangka mewujudkan visi dan menjalankan misinya. Acuan dasar tersebut antara lain meliputi kriteria minimal dari berbagai aspek yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan. Selain itu, Standar juga dimaksudkan memacu seluruh sivitas akademika agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan layanan yang bermutu dan sebagai perangkat untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan tugas pokoknya. Standar juga merupakan kompetensi/kualitas minimum yang dituntut dari lulusan perguruan tinggi, yang dapat diukur dan dapat diuraikan menjadi parameter dan indikator.

 

Fungsi Dokumen/Buku Standar SPMI adalah:

  1. Alat ukur dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Indikator untuk menunjukkan tingkat (level) mutu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  2. Tolok ukur capaian oleh semua pihak di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,sehingga menjadifaktor pendorong untuk bekerja dengan (atau bahkan melebihi) Standar
  3. Bukti otentik kepatuhan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap peraturan perundang-undanan tentang Standar Dikti
  4. Bukti kepada masyarakat bahwa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah secara sungguh-sungguh mnyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan Standar.

 

Templete Dokumen/bukku Standar SPMI PT adalah sebagai berikut :

Tabel 3.3. Templete Standar SPMI PT

1 Halaman Depan/Cover

 

Halaman ini berisi informasi tentang:

1.  Judul/nama Standar SPMI PT;

2.  Nomor identifikasi atau pengkodean Standar SPMI PT;

3. Kelompok standar: informasi ini perlu bila Standar SPMI PT tersebut merupakan standar turunan dari standar yang lebih besar atau turunan dari SNP;

4.  Tanggal penerbitan / pembuatan/ pemberlakuan termasuk revisi bila ada;

5.  Nama unit di mana Standar SPMI PT berlaku;

6.  Nama dan tanda tangan pejabat yang menyetujui atau mengesahkannya.

 

2 Definisi Istilah

 

Sebut dan definisikan istilah-istilah tertentu yang dipakai dalam pernyataan isi Standar SPMI PT, apabila istilah itu dinilai sangat khas atau sangat teknis sehingga semua pembaca dapat memahami maknanya dan tidak menimbulkan multi tafsir.
3 Rasionale

 

Dapat dituliskan secara ringkas padat alasan mengapa Standar SPMI PT tersebut diperlukan dan apa tujuan atau target yang hendak dicapai melalui Standar SPMI PT itu.
4 Pernyataan Isi Standar SPMI PT Bagian ini adalah inti dari dokumen Standar SPMI PT sebab di sinilah dicantumkan pernyataan lengkap standar tersebut. Perlu diperhatikan bahwa pernyataan tersebut sebaiknya dirumuskan dengan memperhatikan unsur ABCD.
5 Strategi

 

Dapat disebutkan dalam bagian ini apa atau bagaimana kiat atau taktik yang akan ditempuh untuk mencapai / memenuhi isi Standar SPMI PT.
6 Indikator

 

Pada bagian ini dapat dituliskan tentang: apa yang akan diukur/dicapai, bagaimana mengukur/ mencapainya (measures), dan apa hasil yang diinginkan (target) pencapaian atas pemenuhan isi Standar SPMI PT.
7 Subyek atau Pihak yang bertanggung-jawab untuk  mencapai/memenuhi isi Standar SPMI PT Sebutkan pejabat struktural dan/ atau pihak lain dalam PT yang harus melaksanakan pencapaian isi Standar SPMI PT.
8 Referensi

 

Tuliskan keterkaitan Standar SPMI PT tersebut dengan Standar SPMI PT lain dan/atau dengan peraturan perundang-undangan yang relevan dengan isi Standar SPMI PT sehingga peraturan itu tidak dapat diabaikan.

 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memilih dan menetapkan sendiri standar untuk setiap kegiatannya. Dengan mempertimbangkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta meperhatikan kebutuhan yang ada maka Standar Pendidikan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Standar Dikti UMY) ditetapkan berjumlah 37.

Standar Dikti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Dikti yang ditetapkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendasarkan pada visi dan kebutuhan stakeholders. Standar Nasional Pendidikan Tinggi berjumlah 24 (8 Standar Nasional Pendidikan, 8 Standar Nasional Penelitian, 8 Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat) serta Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (berjumlah 14), sehingga Standar Pendidikan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berjumlah 38, yaitu:

 

Standar Nasional Pendidikan , berjumlah 8, yaitu:

  1. Standar Kompetensi Lulusan;
  2. Standar Isi Pembelajaran;
  3. Standar Proses Pembelajaran;
  4. Standar Penilaian Pembelajaran;
  5. Standar Dosen Dan Tenaga Kependidikan;
  6. Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran;
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran; Dan
  8. Standar Pembiayaan pembelajaran

Standar Nasional Penelitian, berjumlah 8, yaitu :

  1. Standar Hasil Penelitian;
  2. Standar Isi Penelitian;
  3. Standar Proses Penelitian;
  4. Standar Penilaian Penelitian;
  5. Standar Peneliti;
  6. Standar Sarana Dan Prasarana Penelitian;
  7. Standar Pengelolaan Penelitian; Dan
  8. Standar Pendanaan Dan Pembiayaan Penelitian.

Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, berjumlah 8, yaitu :

  1. Standar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat;
  2. Standar Isi Pengabdian Kepada Masyarakat;
  3. Standar Proses Pengabdian Kepada Masyarakat;
  4. Standar Penilaian Pengabdian Kepada Masyarakat;
  5. Standar Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat;
  6. Standar Sarana Dan Prasarana Pengabdian Kepada Masyarakat;
  7. Standar Pengelolaan Pengabdian Kepada Masyarakat; Dan
  8. Standar Pendanaan Dan Pembiayaan Pengabdian Kepada Masyarakat.

 

Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Dikti yang ditetapkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, berjumlah 13, yaitu:

  1. Jati Diri
  2. Suasana Akademik
  3. Publikasi
  4. UMMAT/Unit Bisnis
  5. Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru
  6. Internasionalisasi
  7. Al Islam dan KeMuhammadiyahan
  8. Pengelolaan Keuangan
  9. Sarana dan Prasarana
  10. Kemahasiswaan
  11. Alumni/lulusan
  12. Tata Kelola
  13. Kerjasama
  14. Sistem Informasi

 

Sebagai sebuah standar yang akan dijadikan acuan dalam proses pelaksanaan program Universitas, maka penyusunan standar bukan merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan sekali langsung jadi, tetapi memerlukan kajian berulang kali sebelum menjadi standar yang benar-benar menjadi acuan bagi setiap proses bisnis Universitas.Prosedur penetapan standar adalah sebagai berikut:

1.  Pembentukan Tim

Tim dibentuk sesuai dengan jenis standar yang akan disusun. Tim yang dibentuk beranggotakan antara lain unsur pimpinan, unsur dosen, staf penunjang, profesional, dunia usaha, yang disetujui oleh segenap anggota unit kerja atau universitas

 
2. Analisis kebutuhan standar

Analisis kebutuhan standar bermanfaat dalam menentukan ruang lingkup, jenis dan jumlah butir standar yang dibutuhkan serta sebagai bagian dari tindak lanjut atas hasil evaluasi terhadap penerapan standar.

 
3. Pengumpulan informasi dan identifikasi alternatif

Standar dirumuskan berdasarkan peraturan terkait yang ada, hasil evaluasi diri tentang kinerja yang sedang berjalan, masukan dari stakeholders, dan hasil studi pelacakan (kalau diperlukan).

 
4. Perumusan standar

Alternatif standar dianalisis dengan mempertimbangkan kondisi dan kemampuan Universitas, membandingkan dengan standar yang telah ada, ataupun benchmarking ke luar Universitas. Standar ditetapkan dengan meramu visi program studi dan kebutuhan stakeholders.

 
5. Pengujian dan review standar

Sebelum disahkan, konsep standar disosialisasikan kepada seluruh sivitas akademika untuk memperoleh umpan balik, yang apabila ada, akan digunakan untuk perumusan ulang oleh tim

 
6. Pengesahan standar

Standar disahkan oleh pimpinan satuan pendidikan (Rektor, Dekan, Ketua Jurusan) sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UMY.

 

Gambar 3.1. Prosedur Penetapan Standar

 

  1. Dokumen/Buku Formulir SPMI (Quality Document)

Dokumen/Buku Formulir/Borang/Proforma SPMI adalah dokumen yang berfungsi untuk mencatat atau merekam hal atau informasi tentang pencapaian Standar SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dokumen/Buku Formulir/Borang/Proforma berfungsi untuk :

  1. Alat untuk mengukur pencapaian atau pemenuhan atau pelampauan Standar SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Alat untuk memantau, mengevaluasi, mengendalikan, dan mengoreksi implementasi SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  2. Bukti otentik untuk mencatat atau merekam implementasi SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara periodik.

Ada banyak jenis maupun jumlah Formulir/Borang/Proforma SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sesuai dengan peruntukkannya masing-masing, namun dapat dipastikan bahwa setiap Standar SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pasti membutuhkan satu atau lebih Formulir/Borang/Proforma yang digunakan sebagai alat merekam atau menyimpan data dan informasi tentang implementasi dari PPEPP dalam masing-masing Standar SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Beberapa contoh Formulir SPMI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebagai berikut :

 

 

Tabel 3.4. Formulir SPMI PT

No Contoh Standar Contoh Formulir
1 Standar Proses Pembelajaran 1.      Formulir Rencana Studi Mahasiswa;

2.      Formulir Rencana Pembelajaran Semester;

3.      Formulir/Lembar Hasil Studi Mahasiswa, atau Lembar Penilaian Hasil Studi Mahasiswa;

4.      Daftar Hadir Mahasiswa di Kelas;

5.      Berita Acara Perkuliahan;

6.      Daftar Nilai Ujian Matakuliah;

7.      Formulir Pembimbingan Akademik Mahasiswa;

8.      Formulir Pendaftaran Ujian;

9.      Lembar Penugasan Mengajar Bagi Dosen;

10.  Kuisioner Penilaian Kinerja Dosen;

11.  Kuisioner Keaktifan Mahasiswa di Kelas;

12.  Lembar Evaluasi Dosen;

13.  Lembar Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa.

2 Standar Rekruitasi & Seleksi Calon

Mahasiswa

 

1.  Formulir Pengumuman Penerimaan Calon Mahasiswa;

2.  Formulir Pendaftaran Ujian Masuk Calon Mahasiswa;

3.  Formulir Janji Mahasiswa Baru;

4.  Daftar Hadir Peserta Ujian Saringan Masuk;

5.  Daftar pengecekan (check list) Tes Wawancara.

3 Standar Sarana dan Prasarana

 

1.  Daftar cek (check list) Pemeriksaan Kebersihan Ruang Kelas;

2.  Daftar cek (check list) Peralatan dan Perlengkapan Laboratorium;

3.  Daftar Barang Inventaris Kantor;

4.  Formulir Pemeliharaan dan Perawatan Sarana Transportasi Kantor.

4 Standar Tenaga Kependidikan

 

1. Formulir Penilaian Kinerja;

2. Kartu Tanda Hadir;

3. Formulir Pengajuan Permohonan Cuti;

4. Formulir Pengajuan Tunjangan Kesehatan;

5. Formulir Pemeriksaan Kesehatan.

 

  • Standar Mutu Non Akademik