Sejarah

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah mencanangkan Penjaminan Mutu melalui pendirian Badan Kendali Mutu pada tahun 2002 dengan SK Rektor nomor 006/SK-UMY/XI/2002. Pada periode lima tahun yang telah lalu, sistem penjaminan mutu telah mengalami peningkatan kemampuan karena dalam penjaminan mutu memang selalu ada ruang untuk perkembangan. Dan pada tahun 2018 bulan September Badan Kendali Mutu mengalami perubahan nama menjadi Badan Penjaminan Mutu berdasarkan SK Rektor Nomor: 07/SK-UMY/IX/2007.

Sistem penjaminan mutu sebernarnya bukan hal baru di UMY. Sebelumnya perangkat dan dokumen mutu telah mewujud dalam berbagai bentuk dan gaya sehingga sudah waktunya semua produk yang berhubungan dengan penjaminan mutu dikumpulkan sebagai kesatuan total yang utuh secara sistematis kedalam satu sistem yang konsisten dan koheren dalam mendukung pelaksanaan strategi manajemen kegiatan akademik dan administrative serta universitas secara menyeluruh.

Sistem Penjaminan Mutu dilaksanakan dengan maksud agar unit kerja terkait yang dengan kegiatan akademik dan administrative dapat mengatur dirinya sendiri melalui pengukuran berdasarkan pada filsafat Manajemen melalui Pengukuran yang diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton dengan prinsip dasar “apa yang tidak dapat diukur akan sangat sulit untuk diatur”. Penjaminan Mutu kemudian harus dilaksanakan berdasarkan landasan bukti pencapaian yang ada melalui pengukuran dan saling berkait dalam 3 sistem yaitu perencanaan mutu, asesmen mutu dan informasi mutu. Selanjutnya perlu dicatat bahwa ketiga system tersebut membentuk satu siklus yang disebut oleh Deming sebagai siklus Plan-Do-Check-Act (P-D-C-A). Target utamanya adalah bahwa sistem penjaminan mutu harus menjadi “core value” dari menajemen UMY – “cara kita bekerja disini” sesuai dengan landasan manajemen yang kuat dan “menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari” agar mampu menghasilkan dan menjalankan apa yang seharusnya kita kerjakan untuk mahasiswa kita, para stakeholders dan Negara.

Harapan kami adalah agar system penjaminan mutu ini dapat menyederhanakan namun sekaligus memperkuat manajemen internal di tingkat universitas maupun unit kerja akademik dan administrative berdasarkan siklus P-D-C-A yang berlangsung dari satu tahun ke tahun yang berikutnya dalam rangka peningkatan mutu berkelanjutan. Kami harap keberhasilan dapat diraih oleh semua pihak dalam menggunakan sistem penjaminan mutu dan kami di Badan Penjaminan Mutu siap membantu untuk meraih keberhasilan bersama.

Pimpinn BPM UMY SK Nomor 17/SK-UMY/XII/2003

Pimpinan BPM UMY SK Nomor