Akreditasi A yang di dapat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menjadikan UMY sebagai tempat belajar bagi Perguruan Tinggi-Perguruan Tinggi lain khususnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Seperti yang telah berjalan dua hari ini, tanggal 2 dan 3 Juni 2014, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Muhammadiyah Tanah Grogot, Paser, Kalimantan Timur menjadikan UMY sebagai tempat belajar terkait dengan Akreditasi institusi. Dari Ketua BPH STIPER MUH. Tanah Grogot, Ketua Stikes, Jajaran Wakil Ketua, Kaprodi dan Sekretaris Prodi, Ketua LPPM, sampai dengan Ketua Administrasi, hadir untuk mempelajari AIPT. Dan sebelumnya workshop pendampingan juga dilaksanakan untuk Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti Jakarta pada tanggal 21-22 Mei 2014.

Semakin tinggi kepercayaan dunia pendidikan terhadapa UMY, semoga menjadi motavasi untuk lebih bisa berkembang dan meningkatkan peringkatnya di dunia pendidikan tinggi di Indonesia dan di dunia pendidikan dunia. Hingga terwujud UMY sebagai Perguruan Tinggi yang Muda Mendunia.