Visi dan Misi

Visi

”Menjadi Badan Penjaminan Mutu yang bermanfaat, berwibawa dan profesional dalam mendukung Visi UMY”.

Misi
  1. Merencanakan, menyusun, memelihara, mengembangkan dan meningkatkan mutu seluruh proses pendidikan secara berkelanjutan di UMY.
  2. Mendorong sumberdaya manusia UMY agar selalu memiliki kesadaran dan tanggung jawab akan budaya mutu.
  3. Meningkatkan keterlibatan seluruh pegawai UMY untuk secara terus menerus menjalankan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada unit kerjanya masing-masing secara profesional dan bersahabat.
Tujuan

Tujuan Umum

Meningkatkan Kualitas, kelancaran dan pelaksanaan terhadap proses penjaminan mutu internal UMY.

Tujuan Khusus

  • Tersedianya layanan teknis serta pendampingan penyusunan maupun perbaikan dalam pengusulan proposal hibah kompetisi dari unit kerja, proses seleksi, hingga pelaksanaannya di tingkat universitas.
  • Tersusunnya berbagai laporan (Kinerja Tahunan, Evaluasi Diri, Portofolio UMY, Monevin, Auditin Rencana Kegiatan & Anggaran Tahunan, dst) sebagai bagian dari informasi tentang mutu proses pendidikan di UMY untuk kepentingan penjaminan mutu internal dan penjaminan mutu eksternal (EPSBED, Akreditasi Program Studi, Akreditasi Institusi) dari dalam dan luar negeri.
  • Tersedianya dokumen mutu tentang kebijakan, standar dan peraturan di bidang akademik, pengelolaan sumber daya kemahasiswaan, alumni & promosi serta organisasi & penjaminan mutu
  • Tersedianya dokumen penjaminan mutu serta adanya akses informasi tentang proses pelaksanaan sistem penjaminan mutu.
Sasaran Strategis
  1. Mempertahankan akreditasi unggul (A) untuk Akreditasi Institusi
  2. Mewujudkan akreditasi unggul (A) untuk setiap program studi 2025
  3. Rata-rata IPK mahasiswa diatas 3,00
  4. Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap mutu pelayanan dan fasilitas minimal 3,25 skala 4
  5. Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap kinerja dosen minimal 3,00
  6. Tingkat kelulusan tepat waktu minimal 50% dengan memenuhi peraturan yang berlaku di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  7. Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk mendapat pekerjaan maksimal 3 bulan
Tujuan Rencana Strategis
  1. Penguatan internal badan penjaminan mutu agar mampu mengawal tercapainya visi misi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  2. Terbangunnya tata kelola badan penjaminan mutu yang sehat
  3. Mendapatkan status akreditasi program studi dan institusi yang dapat memenuhi kebutuhan stakeholder
  4. Terbentuknya budaya mutu pada semua aras organisasi