Badan Penjaminan Mutu UMY Sukses Menyelesaikan Audit Mutu Internal dan Audit Keuangan Internal Akhir Tahun 2022-2023

2 September 2023, oleh: BPM UMY

Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BPM UMY) telah sukses melaksanakan dua kegiatan penting, yaitu Audit Mutu Internal (AMI) dan Audit Keuangan Internal Akhir Tahun 2022-2023. Tujuan dari pelaksanaan AMI adalah untuk mengevaluasi pencapaian kinerja setiap unit kerja di lingkungan UMY. Selain itu, Audit Keuangan Internal dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan bahwa setiap unit kerja telah mengalokasikan anggaran sesuai rencana kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya. Proses audit ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Badan Pembina Harian (BPH), Rektor, Wakil Rektor, serta seluruh unit kerja seperti fakultas, program studi, badan, lembaga, dan biro yang berada di lingkungan UMY.

Serangkaian kegiatan AMI dilaksanakan sejak tanggal 5 Juni hingga 23 Agustus 2023. Dalam pelaksanaannya kegiatan AMI ini melibatkan 12 Unit Penjaminan Mutu(UPM), 44 gugus kendali Mutu (GKM) dan 28 auditor internal yang bekerja secara independen dalam melaksanakan proses audit. Diawali dengan pengisian Form AMI oleh unit kerja melalui SIM anggaran UMY pada tanggal 5 Juni-31 Juli. Selanjutnya pada tanggal 1-6 Agustus dilakukan Desk Evaluasi oleh auditor AMI untuk memeriksa hasil/capaian kinerja yang telah diisi oleh masing-masing unit kerja. Kemudian pada tanggal 7-15 Agustus dilakukan asesmen lapangan oleh auditor AMI. Para auditor melakukan visitasi ke setiap unit kerja untuk melakukan validasi data dan dokumen pendukung serta memberikan rekomendasi untuk rencana tindak lanjutnya. Kegiatan berikutnya adalah pengolahan data oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) dan diakhiri pemaparan hasil AMI di Rapat Kerja Akhir Tahun (RKT) pada tanggal 29 Agustus 2023.

Proses serupa juga diterapkan dalam Audit Keuangan Internal di UMY. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Audit Keuangan Internal melibatkan 6 auditor yang bekerja secara independen untuk melakukan pemeriksaan keuangan. Serangkaian audit keuangan dimulai dengan Desk Review Audit Keuangan Internal pada tanggal 15 Juli hingga 4 Agustus 2023. Setelah itu, dilakukan pengisian tanggapan dari unit kerja pada tanggal 9 hingga 16 Agustus. Kemudian, asesmen lapangan audit keuangan internal dilakukan pada tanggal 17 hingga 24 Agustus 2023. Tahap terakhir adalah Review Akhir Audit Keuangan yang berlangsung sejak tanggal 28 Agustus hingga selesai. Selanjutnya, proses ini diakhiri dengan Rapat Kerja Tengah Tahunan (RKTT) pada minggu ke-4 bulan Agustus 2023.

Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti penundaan waktu dari deadline, namun secara keseluruhan, kegiatan audit ini berjalan dengan baik. Harapannya, hasil audit dapat menjadi acuan bagi universitas dalam pengambilan kebijakan di masa yang akan datang.(ahmad zahir)